Selasa, 12 Januari 2010

Mengapa Pilih Peuyeum Bendul

Ada istilah kalau di bendul sukatani banyak binatang berkeliaran tidak di ikat contohnya singa, kuda gajah dll, tapi tape/peuyeum di sepanjang jalan itu semuanya diikat atau digantung, itulah uniknya peuyeum bendul purwakarta.
Dan uniknya lagi peuyeum bendul kalau dilihat dari kejauhan kelihatan tegar, padahal kalau dipegang hipu apalagi kalau dimakan pasti akan ketagihan dengan namanya peuyeum bendul.

Selain peuyeum bendul, sentra peuyeum di sukatani bendul ini, juga menyediakan aneka makanan ringan buat oleh-oleh ringan; mulai dari manisan, hui cilembu, kerupuk, colenak, simping purwakarta, dan aneka makanan lainnya yang bisa untuk buah tangan atau oleh-oleh.
Kenapa peuyeum bendul ini berbeda dengan peuyeum yang lainnya? jelas ini merupakan pengaruh iklim di bendul, mulai dari karakter tanah tempat menanam singkongnya sebagai bahan baku juga cara-cara pembuatan peuyeum itu sendiri yang menjadi khas dari peuyeum bendul.
Yang berminat silahkan mampir ke bendul sukatani tepatnya jl. Raya Sukatani KM 10. Kalau rute dari Jakarta yaitu keluar melalui pintu tol Jatiluhur ambil arah kanan menuju jalan provinsi ke arah bandung, tepat di KM 10 anda akan melihat sentra pedagang peuyeum bendul di sepanjang jalan tersebut.
Kalau dari arah bandung bisa keluar dari padalarang atau keluar dari pintu tol menuju tagog apu bandung barat, setelah melewati cikalong, sawit darangdang dan pertigaan plered, cianting, cilalawi, maka akan menemukan sentra peuyeum bendul tepatnya di KM 10 sukatani purwakarta.
Selamat menikmati ke khasan peuyeum bendul..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar